Home » , , , , , » Tahukah Anda, Kota Yope Atau Yafo Dalam Kitab Suci?

Tahukah Anda, Kota Yope Atau Yafo Dalam Kitab Suci?

Kota Yope Atau Yafo Di Israel
Ilustrasi Kota Yope Atau Yaffo Israel

Lentera Hidup Katolik. Jaffa, atau Yafo dalam bahasa Ibrani, adalah salah satu kota Israel yang paling kuno, dihuni 7.500 tahun yang lalu!
Legenda mengatakan bahwa kota itu dinamai untuk menghormati pendiri aslinya, Yaphet - salah satu dari 3 anak Nuh yang
mendirikan kota setelah melarikan diri dari banjir besar yang melanda.

Jaffa atau Yafo adalah salah satu kota pelabuhan yang paling kuno di dunia. Bertengger di atas sebuah bukit yang menghadap ke Laut Mediterania dengan pelabuhan alam dan tanah yang subur, Jaffa kuno adalah hadiah dari Allah yang sangat berharga.

Kota Itu ditaklukkan dan direbut kembali berkali-kali oleh orang Kanaan, Fenisia, Firaun, Raja Daud, Asyur dan banyak lagi.

Sebagai referensi dapat membaca kutipan Alkitab dibawah ini;

Dan kami akan menebang kayu dari gunung Libanon sebanyak engkau perlukan dan membawanya kepadamu dengan rakit-rakit melalui laut sampai ke Yafo, dan engkau dapat mengangkutnya ke Yerusalem." (2Taw 2:16)

Lalu mereka memberikan uang kepada tukang batu dan tukang kayu, sedang kepada orang Sidon dan Tirus makanan dan minuman dan minyak, supaya orang-orang itu membawa kayu aras dari Libanon sampai ke laut dekat Yafo, seperti yang telah diizinkan kepada mereka oleh Koresh, raja negeri Persia. (Ezr 3:7)

Tetapi Yunus bersiap untuk melarikan diri ke Tarsis, jauh dari hadapan TUHAN; ia pergi ke Yafo dan mendapat di sana sebuah kapal, yang akan berangkat ke Tarsis. Ia membayar biaya perjalanannya, lalu naik kapal itu untuk berlayar bersama-sama dengan mereka ke Tarsis, jauh dari hadapan TUHAN. (Yun 1:3) 

Peristiwa itu tersiar di seluruh Yope dan banyak orang menjadi percaya kepada Tuhan. Kemudian dari pada itu Petrus tinggal beberapa hari di Yope, di rumah seorang yang bernama Simon, seorang penyamak kulit. (Kis 9:42-43)

dan ia menceriterakan kepada kami, bagaimana ia melihat seorang malaikat berdiri di dalam rumahnya dan berkata kepadanya: Suruhlah orang ke Yope untuk menjemput Simon yang disebut Petrus. (Kis 11:3) 
Thanks for reading Tahukah Anda, Kota Yope Atau Yafo Dalam Kitab Suci?

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar