Home » » Kota Yehuda

Kota Yehuda


Yehuda (bahasa Ibrani: יְהוּדָה bahasa Ibrani Standar: Yəhuda, bahasa Ibrani Tiberias: Yəhûḏāh, bahasa Arab: يهوذا Yahudza; bahasa Inggris: Judah) adalah anak lelaki keempat Yakub dan Lea, dan pendiri suku Yehuda, salah satu suku Israel, menurut Kitab Kejadian dalam Alkitab Ibrani atau Perjanjian Lama Alkitab Kristen. 
Menurut sastra rabinik klasik, Yehuda dilahirkan pada tanggal 15 bulan Siwan; sumber-sumber klasik berbeda dalam waktu kematiannya.


Suku Yehuda

Suku Yehuda (bahasa Ibrani: שבט יהודה Shevet Yəhuda, Šḗḇeṭ Yəhûḏāh; bahasa Inggris: Tribe of Judah) adalah salah satu dari dua belas suku Israel, keturunan dari Yehuda, putra Yakub dan Lea, menurut catatan Alkitab Ibrani.

Dalam Yudaisme, tokoh Alkitab Yehuda (dalam Ibrani:Yehuda) adalah nama asli dari suku Yehuda secara tradisional yang disimbolkan dengan singa. Dalam Kejadian, Yakub ("Israel") mengacu kepada anaknya Yehuda sebagaiGur Aryehגּוּר אַרְיֵה יְהוּדָה, sebuah "Singa Muda" (Kejadian 49:9 ) ketika memberkatinya. Dalam Yahudi, tradisi penamaan nama Ibrani dan nama pengganti sering digabungkan sebagai pasangan, seperti dalam kasus ini.

Singa Yehuda di Kekristenan

Di Tradisi Kristen , Singa Yehuda melambangkan Yesus. Banyak organisasi Kristen menggunakan Singa Yehuda sebagai lambang mereka bahkan nama organisasi mereka.Ungkapan ini muncul dalam Kitab Wahyu 5:5; "Dan salah satu tua-tua berkata kepadaku, Jangan menangis: lihatlah, Singa dari suku Yehuda, yaitu tunas Daud, telah menang untuk membuka buku itu, dan kehilangan tujuh meterai daripadanya. "

Referensi Alkitab :

Ia mengucapkan seruannya sebagai berikut: "Engkau, ya Penguasa, telah mengutus malaikat-Mu di zaman Hizkia, raja Yehuda, lalu delapan puluh lima ribu orang dari bala tentara Sanherib ditumpas oleh malaikat-Mu.  (2Mak 15:22)

Dalam tahun keempat belas zaman raja Hizkia majulah Sanherib, raja Asyur, menyerang segala kota berkubu negeri Yehuda, lalu merebutnya (2Raj 18:13)

Setelah peristiwa yang menunjukkan kesetiaan Hizkia itu datanglah Sanherib, raja Asyur, menyerbu Yehuda. Ia mengepung kota-kota berkubu, dan berniat merebutnya. Ketika Hizkia mengetahui, bahwa Sanherib datang hendak memerangi Yerusalem, (2 Taw 31:1-2)

Yoel 3:20 Tetapi Yehuda tetap didiami untuk selama-lamanya dan Yerusalem turun-temurun. (Yo 3:20)

Dan engkau Betlehem, tanah Yehuda, engkau sekali-kali bukanlah yang terkecil di antara mereka yang memerintah Yehuda, karena dari padamulah akan bangkit seorang pemimpin, yang akan menggembalakan umat-Ku Israel."  (Mat 2:6)

 
Thanks for reading Kota Yehuda

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar