Home » » Pernyataan Vatikan Mengenai Mukjizat Hosti Berdarah Di Polandia

Pernyataan Vatikan Mengenai Mukjizat Hosti Berdarah Di Polandia


Belakangan ini banyak berita beredar di dunia maya tentang mukjizat Hosti Berdarah di Keuskupan Legnica, Polandia, yang diklaim telah diakui oleh Vatikan.

Oleh karena hal ini belum pernah saya dengar di kalangan Vatikan, saya coba mengecek di berbagai situs internet. Klaim bahwa Vatikan telah mengakui mukjizat ini ternyata berangkat dari sebuah interpretasi kalimat yang ditulis oleh Uskup Legnica, Msgr. Zbigniew Kiernikowski, tanggal 17 April kemarin.

Beliau menulis: Berkaitan dengan kejadian luar biasa itu, beliau menginformasikan Kongregasi Iman di Vatikan. Beliau kemudian diminta untuk menyiapkan tempat yang layak untuk menyimpan Hosti Berdarah itu agar umat bisa datang dan berdoa.
Dari kalimat di atas, muncul interpretasi bahwa pihak Vatikan, dalam hal ini Kongregasi Iman telah mengakui karakter mukjizat dari peristiwa tidak biasa itu.

Hari ini saya berbicara dengan dua Pegawai Kongregasi Iman di Vatikan. Mereka mengatakan bahwa memang pernah ada berita masuk dari Uskup Zbigniew Kiernikowski, akan tetapi Kongregasi Iman di Vatikan tidak memberikan tanggapan resmi, apalagi mengakui bahwa peristiwa itu adalah sebuah mukjizat.

Hari ini pula saya mencari dan bertemu dengan Jurubicara Vatikan, Padre Federico Lombardi. Saya menyampaikan kepada beliau apa yang tengah beredar di dunia maya menyangkut peristiwa di Legnica, Polandia. Beliau sendiri mengaku belum pernah mendengar tentang itu. Saya bertanya, apakah ada pihak Vatikan yang pernah mengakui peristiwa Legnica sebagai mukjizat, beliau menggeleng kepala dan mengaku tidak pernah tahu.

Yang jelas, pihak Vatikan, entah Paus Fransiskus, ada Kongregasi Iman yang berkompetensi dalam hal ini belum pernah mengatakan apa-apa. Judul-judul berita terkait yang menyinggung nama Vatikan, hendaknya dipahami sebagai sebuah interpretasi saja, dan bukan berdasar atas kebenaran. Pengakuan terhadap peristiwa itu sebagai mukjizat adalah pendapat dari Uskup Legnica sendiri, Msgr. Zbigniew Kiernikowski.

Pelurusan ini disampaikan sebagai informasi bersama dan untuk diketahui secara jelas, tanpa ingin mengurangi rasa hormat dan sensibilitas penyembahan serta kesakralan sakramen Maha Kudus yang kita cintai dan junjung tinggi.

Salam sejahtera.
Padre Marco, SVD

Foto bersama Juru Bicara Vatikan, Padre Federico Lombardi, SJ

Thanks for reading Pernyataan Vatikan Mengenai Mukjizat Hosti Berdarah Di Polandia

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar