Home » , , , , , » Rekonsiliasi Merupakan Aspek Penting Dari Belas Kasih. Ungkap Paus.

Rekonsiliasi Merupakan Aspek Penting Dari Belas Kasih. Ungkap Paus.

Paus Francis mengatakan: "Seringkali Kita Percaya Dosa-Dosa Kita 'Menjauhkan Tuhan' Dari Kita. Dalam Kenyataannya, Perbuatan Dosa Itulah Yang 'Menjauhkan Diri Kita' Dari Tuhan."

Rekonsiliasi merupakan aspek penting dari rahmat Allah, kata Paus Francis pada hari Sabtu 30 April kemarin. Paus menjelaskan bahwa ketika kita menjauhkan diri dari Tuhan melalui dosa, dibutuhkan upaya ekstra dari diri kita sendiri untuk kembali kepadaNya.

Paus mengambil referensi surat kedua St. Paulus kepada jemaat di Korintus, yang mendorong semua anggota Gereja untuk "membiarkan dirimu didamaikan dengan Allah. Seruan rasul Paulus ditujukan kepada orang-orang Kristen awal yang ada di Korintus dan sekarang berlaku bagi kita, dengan kekuatan dan keyakinan yang sama," kata Paus, menjelaskan bahwa berlangsungnya Tahun Belas Kasih adalah waktu rekonsiliasi untuk semua orang.

Paus menambahkan bahwa "kita tidak bisa berdamai dengan Tuhan melalui upaya kita sendiri." Banyak orang ingin berdamai dengan Tuhan, tapi juga tidak tahu bagaimana caranya, karena mereka merasa tidak layak. Tetapi sebagai komunitas umat Allah, " kita dapat dan harus mendukung secara tulus keinginan kembali kepada Allah dari mereka yang mengakui kesalahannya dan mau bertobat."

Rekonsiliasi, kata Paus "merupakan aspek penting dari belas kasih. Sering kali kita percaya bahwa dosa-dosa kita 'menjauhkan Tuhan' dari kita. Dalam kenyataannya, perbuatan dosa itulah yang 'menjauhkan diri kita' dari Tuhan." Rekonsiliasi itu adalah rahmat dari Allah dimana Dia sendiri datang mencari kita ketika Ia melihat kita berada dalam bahaya.

Paus menjelaskan, rekonsiliasi dengan Allah tidak mungkin dengan upaya kita sendiri, karena dosa "benar-benar menciptakan ekspresi menolak cinta Tuhan. Konsekuensi dari dosa itu sendiri, telah menipu diri kita dalam pencarian kebebasan yang lebih besar dan mandiri. Ketika kita menjauhkan diri dari Tuhan, kita menjadi peziarah dan pengembara yang tidak lagi memiliki tujuan," katanya. Paus menjelaskan bahwa dosa adalah seperti seseorang yang berbalik menjauh daripada Tuhan.

"Orang berdosa hanya melihat diri mereka sendiri dan dengan cara ini mereka berpura-pura untuk menjadi mandiri. Karena itu, dosa selalu memperlebar jarak antara kita dan Allah, dan ini dapat menjadi jurang, "kata Paus Francis. Namun, sebagai Gembala yang Baik, Yesus selalu datang mencari domba yang hilang. Dia membangun kembali jembatan kita kepada Bapa dan memungkinkan kita menemukan kembali martabat menjadi anak-anak-Nya, kata Paus menambahkan.

Paus Francis kemudian berbicara tentang pentingnya pengakuan dosa dan kebutuhan untuk berdamai dengan Allah melalui sakramen, dan membantu pendosa berjalan sepanjang jalan rekonsiliasi. Paus berdoa bahwa tidak ada yang akan tetap jauh dari Tuhan dan meminta agar "tolong, jangan menempatkan rintangan di jalan orang-orang yang ingin berdamai dengan Tuhan."

Mengalami rekonsiliasi dengan Allah juga memungkinkan seseorang untuk menemukan kembali perlunya rekonsiliasi dalam hubungan lain, seperti dalam keluarga kita, dalam hubungan interpersonal, dalam komunitas gerejani, dan dalam hubungan sosial dan internasional, katanya. "Rekonsiliasi sebenarnya juga pelayanan untuk perdamaian, untuk pengakuan hak-hak dasar orang, solidaritas dan selamat datang untuk semua."

Paus Francis menutup kotbahnya dengan mengajak umat untuk menerima undangan St. Paulus "untuk berdamai dengan Tuhan, untuk menjadi kreasi baru dan dapat memancarkan rahmat-Nya di tengah-tengah saudara-saudara kita, di tengah-tengah masyarakat kita saat ini."


Thanks for reading Rekonsiliasi Merupakan Aspek Penting Dari Belas Kasih. Ungkap Paus.

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar